Selasa, Desember 14, 2010

Pesona Kabupaten Kutai Barat (Kalimantan Timur)

Cagar Alam Kersik Luway

Cagar alam Kersik Luway yang memiliki luas sekitar 5000 ha ini ditumbuhi berbagai jenis anggrek alam, diantaranya yang terkenal adalah jenis Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata). Kersik Luway terletak di Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat, sekitar 148 mil dari Tenggarong.



Air Terjun Jantur Mapan

Tidak jauh dari cagar alam Kersik Luway terdapat sebuah air terjun yang diberi nama Jantur Mapan. Di tempat ini dapat dinikmati keindahan alam sekitarnya seperti 'Batu Bergulir', yakni suatu tebing yang memiliki batu-batu seperti disusun ke atas.



Barong Tongkok

Di Desa Eheng, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat, terdapat sebuah Lamin suku Dayak Tunjung. Disini dapat disaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat suku Dayak tersebut, khususnya dalam pembuatan hasil kerajinan dari rotan seperti Anjat (tas keranjang), Lampit (tikar rotan), dan lain-lain.




Datah Bilang

Di Desa Datah Bilang bermukim dua suku Dayak Kenyah, yakni Umaq Jalan dan Umaq Bakung. Di desa yang terletak sekitar 196 mil dari Tenggarong ini dapat ditemui dua buah Lamin dari dua anak suku tersebut serta adat istiadat setempat.




Rukun Damai

Seperti halnya Desa Datah Bilang, di Desa Rukun Damai terdapat pemukiman masyarakat suku Dayak Kenyah. Di desa ini terdapat Lamin yang dihuni oleh beberapa keluarga suku Dayak Kenyah. Rukun Damai terletak sekitar 251 mil dari Tenggarong.





Long Bagun

Di desa Long Bagun juga terdapat sebuah Lamin, namun Lamin disini berbeda dengan yang ada di Datah Bilang atau Rukun Damai. Lamin di desa Long Bagun adalah Lamin suku Dayak Penihing, disini dapat dilihat kehidupan masyarakat dan adat istiadat setempat. Desa ini terletak sekitar 251 mil dari Tenggarong.






Long Pahangai

Di Kecamatan Long Pahangai, sekitar 297 mil dari Tenggarong, terdapat jeram-jeram yang deras dan ganas. Sangat mengasyikkan bagi wisatawan atau pecinta alam yang menggemari kegiatan arung jeram. Disini akan diuji keberanian dan keterampilan dalam menaklukkan jeram yang ganas tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar